Emilyhillwriter.com, Buat kamu yang sering melakukan aktivitas di dapur pasti sudah tidak asing lagi dengan alat untuk mengolah bahan makanan yang satu ini yaitu Blender.

Blender dapat diartikan dengan mencampurkan suatu bahan hingga bahan tersebut menjadi tercampur dan menyatu dengan rata. Biasanya blender digunakan untuk membuat minuman atau juice dari buah-buahan, atau juga dapat digunakan untuk melunakkan bumbu rempah yang akan di gunakan sebagai bumbu untuk memasak.

Seiring perkembangan jaman blender dapat digunakan untuk membuat minuman apa pun dengan mencampurkan bahan-bahan tertentu dan menjadikannya minuman, akan tetapi banyak orang yang tidak memperhatikan perawatan blender tersebut sehingga blender menjadi mudah rusak dan kurang maksimal saat di gunakan. Penyebab blender rusak bisa bermacam-macam, bisa dari segi umur, merk, maupun cara penggunaan blender itu sendiri.

Untuk itu jika kamu sering menggunakan blender di rumah cobalah mulai dari saat ini untuk memperhatikan hal-hal yang menjadi penyebab blender rusak, selain itu merawat blender sangat baik untuk ke awetan daya tahan blender itu sendiri.

Biasanya kendala atau masalah yang akan ditemukan pada blender sangat beragam, seperti mesin mati  karena rusak bagian internal atau mesin blender tidak mau berputar karena ada masalah dibagian Mounting yang menjadi masalah pada sebuah blender.

Kenali Kerusakan Pada Blender
Kerusakan Pada Blender

Mounting Pada Blender Mengalami Kebocoran

Kebocoran mounting pada sebuah blender memang sangat sering terjadi oleh karena itu kita harus mengetahui kapan harus mengecek dan mengganti bagian ini agar kinerja blender yang kamu pakai akan maksimal.

Selain itu kamu juga dapat mencegah kebocoran mounting ini dengan mengganti karet yang sudah mulai rusak yang menjadi penyebab awal mula kerusakan pada bagian tersebut.

Mata Pisau Tidak Berputar Maksimal

Ini disebabkan karena adanya penghambatan di bagian mata pisau atau di bagian Bosing blender, biasanya bosing yang berkarat menjadi penyebab masalah ini dan jika masalah ini terus didiamkan bukan tidak mungkin blender yang kamu punya tidak akan rusak.

Selain itu masalah lain akan timbul pada blender yang kamu miliki di antaranya timbulnya percikan api di dalam blender dan mengeluarkan bau mesin yang terbakar. Jika kalian mengalami hal ini kalian dapat segera mematikan blender tersebut dan mencabut kabel dari terminal listrik, hal ini di lakukan sebagai pertolongan pertama dan menghindari terjadinya kerusakan pada jaringan listrik di rumah kamu.

Gigi Konektor Pada Blender Rusak

Masalah seperti ini biasanya di akibatkan oleh posisi gigi konektor mounting dan konektor plastik di mesin blender tidak seimbang atau tidak terpasang sempurna, sehingga mesin pada blender kamu mengalami kendala yang dapat membuat blender tersebut bekerja tidak sebagaimana mestinya.

Solusinya kamu dapat mengganti dengan komponen yang baru kemudian menyeimbangkannya, kamu dapat membawanya ke tempat servis jika mengalami kesusahan untuk melakukannya.

Kesalahan Saat Menggunakan Blender

Kesalahan pada manusia biasanya menjadi penyebab kerusakan pada benda tertentu sama halnya dengan blender, penggunaan yang tidak sesuai prosedur dan penggunaan yang asal-asalan menjadikan blender tersebut lebih rentan rusak dan bermasalah.

Biasanya kelebihan beban atau masalah pada daya arus listrik menjadi penyebab utama sebuah blender rusak karena keteledoran penggunanya. solusinya coba kurangi beban yang akan kamu blender atau beri sedikit air agar blender tidak macet, cek daya pada blender apakah sanggup di gunakan pada daya listrik di rumah kamu.

Karbon Brush Pada Mesin Habis

Jika mesin blender yang kamu miliki bermasalah cobalah untuk mengecek karbon brush pada bagian dalam mesin, karena ini bisa menjadi sumber masalah yang dapat kamu temukan pada blender.

solusinya kamu dapat mengganti karbon brush yang telah habis tersebut dan memasang dengan karbon brush yang baru.

Gulungan Stator Pada Mesin Terbakar

Hal yang paling menyebalkan ketika blender kamu mengalami kerusakan di bagian mesin adalah terbakarnya kabel stator, hal ini sering kali membuat sebagian orang panik dan mencabut atau mematikan arus listrik pada blender tersebut.

Selain itu hal ini juga dapat membahayakan blender dan aliran listrik di rumah kamu, maka dari itu kamu harus rajin mengecek mesin blender kamu agar hal ini tidak terjadi di kemudian hari.

Jika kamu sudah terlanjur mengalami hal ini cobalah untuk membawanya ke tempat servis profesional karena tidak di sarankan memperbaiki hal ini sendiri kecuali kamu mempunyai ilmu tentang elektronik.

Kendala dan masalah di atas biasanya sering di temukan pada setiap blender, ada solusi yang dapat kamu gunakan untuk memperbaikinya sendiri di rumah ada juga saran untuk membawanya ke tempat servis profesional semua tergantung situasi.

Kamu dapat memilih blender yang bermutu dan berkualitas agar dapat meminimalisir kerusakan pada blender untuk ke depanya atau kamu dapat lebih berhati-hati dan merawat blender kamu dengan baik  serta menghindari yang menjadi penyebab blender rusak agar blender yang kamu miliki tetap awet dan tahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here