Emilyhillwriter.com, Pekerjaan rumah tangga dan sejenisnya biasanya dapat dilakukan oleh seorang asisten atau tukang yang khusus untuk membantu keseharian kamu di rumah, akan tetapi bagaimana jika suatu saat asisten atau tukang tersebut sedang absen atau cuti?

Mau tidak mau kamu mesti melakukan pekerjaan mereka terutama laki-laki yang harus berkutat dan menggunakan dengan perkakas dan alat-alat kerja seperti, Palu, Gergaji, Bor Listrik, dan lainya.

Untuk kamu yang sudah menjadi seorang ayah sangat di sarankan mengetahui alat-alat perkakas tersebut jika suatu saat ada kebutuhan yang mengharuskan menggunakan perkakas tersebut, akan tetapi ada beberapa peralatan yang penggunaannya menggunakan listrik dan membutuhkan keahlian khusus seperti bor listrik.

Menggunakan bor listrik memang susah-susah gampang, perlu konsentrasi saat melubangi bagian dinding atau kayu agar mendapat sebuah lubang yang rapi. selain itu karna penggunaannya menggunakan listrikĀ  kamu harus hati-hati dan memperhatikan daya listrik yang ada di sebuah bor listrik tersebut, kemudian perawatannya pun harus di perhatikan agar daya tahan bor listrik kamu awet dan dapat di gunakan dalam jangka waktu lama.

Untuk lebih mengerti dan memahami penggunaan bor listrik alangkah baiknya untuk kamu para suami dan laki-laki mengetahui beberapa bagian dan komponen yang berada pada sebuah bor listrik, agar kamu dapat mengetahui kendala pada bor listrik dan cara merawatnya.

Di sebuah perlatan yang menggunakan listrik dan memiliki fungsi bergerak pastinya terdapat beberapa bagian dan komponen di dalamnya, nah biasanya bagian ini dapat di ganti dan di perbaiki untuk memaksimalkan alat tersebut saat di gunakan.

Bor listrik terdiri dari beberapa komponen inti bagian di dalamnya seperti: Carbon, Brush, Armature, Lager, dan Saklar Kemudian di bagian luarnya terdiri dari beberapa bagian seperti pegangan, mata bor, pengunci saklar, pengukur kedalaman dan Chuck Drill.

Setelah mengetahui beberapa komponen dan bagian yang terdapat dalam bor listrik kamu dapat mengetahui apa saja yang harus di perbaiki ketika bor listrik kamu sewaktu-waktu mengalami kerusakan atau kendala yang dapat menyebabkan bor listrik kamu macet atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Kenali Kerusakan Pada Bor Listrik
Bor Listrik

Jika kamu mengalami hal tersebut jangan khawatir atau jangan terburu-buru membawanya ke tempat servis karna bisa saja kendala pada bor listrik tersebut dapat kamu atasi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Periksa Kabel Pada Bor Listrik

Jika bor listrik kamu mengalami kendala saat di gunakan jangan terburu-buru panik, cobalah untuk mengecek kabel yang terhubung pada saklar kemudian kamu cari tahu apa masalah yang membuat bor listrik kamu tidak berfungsi sebagai mestinya.

Jika masalah di temukan pada sebuah kabel saklar maka kamu tinggal mengganti dan memperbaikinya kemudian bor listrik kamu akan berfungsi dengan sebagai mana mestinya.

2. Cek Saklar Pada Bor Lisrik

Jika kamu tidak menemukan masalah pada kabel yang terhubung pada saklar, cobalah untuk mengecek saklar nya karena bisa jadi sumber masalah pada bor listrik kamu adalah ada pada saklar. kamu dapat mengganti saklar yang sudah tidak berfungsi tersebut menggunakan saklar yang baru dan berfungsi dengan baik.

3. Cek Carbon Brush

Masalah lain yang sering di temukan pada sebuah bor listrik adalah Carbon Brush yang sudah tidak berfungsi maksimal, ini tentu saja dapat mempengaruhi performa pada bor listrik yang kamu gunakan, untuk itu segeralah ganti Carbon Brush lama kamu dengan yang baru agar performa bor listrik saat di gunakan dapat bekerja secara maksimal.

Terkadang beberapa orang lupa untuk mengecek bagian ini karena meski Carbon Brush sudah seharusnya di ganti bor listrik tetap dapat di gunakan, namun performanya akan memiliki beberapa kendala.

4. Cek Armature

Cek Armature atau lilitan pada dinamo bor dengan cara mengecek bagian tersebut apakah ada yang konslet atau terputus, jika kamu suit menggantikan bagian ini kamu dapat meminta jasa tukang servis yang dapa memperbaikinya.

Jika kamu mengerti tentang ilmu elektronik kamu dapat mengganti lilitan tersebut dengan cara membongkar dinamo dan mengganti lilitan tersebut dengan kabel kuningan yang baru, jika sudah berfungsi dengan baik berarti kamu telah berhasil memperbaikinya.

Selain kendala pada bor listrik diatas memiliki dan merawat bor listrik juga harus memperhatikan perawatan luar seperti mata bor listrik dan pengunci bornya, karna biasanya beberapa orang sangat tidak memperhatikan hal ini.

Jangan lupa untuk mengecek medan dan menyesuaikan mata bor yang akan di lubangiĀ  dan di pakai oleh bor listrik kamu, jangan sampai memaksakan mengebor sebuah medan yang keras dan sulit dengan menggunakan mata bor yang salah yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata bor itu sendiri.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah kemampuan bor listrik yang akan kamu pakai, jika digunakan di medan yang sulit segeralah ganti bor listrik tersebut dengan ukuran dan daya yang lebih kuat agar dapat di gunakan, karena jika di paksakan bukan tidak mungkin bor listrik kamu akan rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here