Emilyhillwriter.com, Nasi adalah makanan pokok bagi mayoritas masyarakat Indonesia yang selalu di konsumsi sehari-hari dan biasanya nasi atau beras putihlah yang di pilih oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, akan tetapi ada jenis beras yang memiliki khasiat dan manfaat beras merah lebih besar.

Seperti namanya beras merah memiliki warna merah dan memiliki khasiat yang tersembunyi dan bisa di katakan beras merah lebih baik di konsumsi dari pada beras putih biasa. Biasanya beras merah sering kita temui di beberapa tempat makan di daerah Jawa barat terutama Bandung, di bungkus menggunakan daun pisang atau biasa di sebut nasi timbel merah.

Kemudian olahan lain dari beras merah yang sering kita temukan adalah bubur beras merah untuk makanan bayi dan balita, akan tetapi beras merah memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang yang akan kamu dapatkan ketika mengonsumsinya karena kandungan gizi di dalam beras merah lebih tinggi di bandingkan kandungan nutrisi pada beras putih.

Akan tetapi meski beras merah memiliki banyak manfaat dan khasiat belum banyak orang yang rutin mengonsumsi olahan makanan dari beras merah tersebut, memang sangat di sayangkan mengingat manfaat dan khasiat dari beras merah tersebut.

Berbagai macam alasan mengapa kebanyakan orang mengonsumsi beras putih dari pada beras merah  mulai dari rasa, harga dan tekstur yang berbeda dengan beras putih.

Jika kita rutin mengonsumsi beras berbagai manfaat akan di terima oleh tubuh kita di antaranya dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu program diet mengapa demikian?

Karena beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang akan memberikan suplai energi kepada tubuh kita sehingga kita tidak akan sering merasa lapar oleh karena itu, beras merah di anjurkan untuk beberapa orang yang menjalani program diet.

Manfaat Nasi Beras Merah
Nasi Beras Merah

Selain untuk membantu menurunkan berat badan beras merah juga di percaya mampu mencegah dan menurunkan diabetes, karena kandungan serat yang tinggi pada beras merah dapat mengontrol gula darah yang menjadi penyebab utama diabetes.

Beras merah juga memiliki tingkat kalori yang bisa di bilang cukup rendah, jadi sangat di sarankan di konsumsi untuk para pengidap diabetes atau untuk kamu yang ingin mencegah diabetes sangat baik untuk mengonsumsi makanan atau olahan yang terbuat dari beras merah.

Selain diabetes, kolesterol juga menjadi penyebab berbagai penyakit yang datang menghampiri tubuh kita, jika kamu memiliki kolesterol yang sangat tinggi sudah saatnya untuk mengurangi konsumsi nasi atau beras putih dan beralih kepada beras merah agar kolesterol jahat di tubuh kamu menurun.

Makanan apa pun yang kita makan pasti akan melewati proses pencernaan, manfaat beras merah sangat baik bagi kesehatan dan kelancaran pencernaan kamu karna kandungan serat pada beras merah sangat baik untuk usus dan dapat membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh kamu.

Karena pencernaan adalah awal dari berbagai munculnya penyakit maka dari itu cobalah untuk mengonsumsi beras merah sebagai antisipasi jangka panjang untuk kesehatan pencernaan kamu.

Bayi dan balita sering sekali di sarankan mengonsumsi beras merah karena memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tumbuh kembang bayi seperti Vitamin B1, B12 dan B6. selain itu kandungan mineral pada beras merah dapat memberikan manfaat untuk kebutuhan nutrisi bayi sehingga dapat menunjang pertumbuhan gigi, rambut, otot dan tulang bayi yang mengonsumsi beras merah.

Kurang lebih seperti itulah manfaat dan khasiat yang akan tubuh kita rasakan saat mengonsumsi beras merah, meski memiliki beragam manfaat seperti di atas tetap saja beras merah tidak banyak di konsumsi masyarakat Indonesia, mungkin faktor kebiasaan yang menyebabkan kurang minatnya masyarakat Indonesia terhadap beras merah dan sebagian orang hanya menganggapnya sebagai obat.

Selain itu harga beras merah memang di atas beras putih biasa ,rasa dan teksturnya pun sedikit berbeda. tekstur yang tidak selembut beras putih menjadi alasan mengapa beras putih lebih di minati padalah beras merah penuh dengan khasiat.

Para petani pun kebanyakan hanya menanam beras putih  karena sulitnya pemasaran dan kurang nya minat kepada beras merah sehingga hanya beberapa petani yang menanam benih beras merah tersebut.

Namun masih ada dan banyak orang yang mengonsumsi beras merah tersebut alasannya beragam seperti untuk kesehatan dan program diet ada juga restoran yang menyediakan menu makanan yang menggunakan bahan dasar beras merah tersebut.

Jika kamu menginginkan beras merah dengan rasa yang pulen dan tekstur yang halus kamu dapat mengonsumsi beras merah organik, beras merah organik lebih unggul dari beras merah biasa karena proses pengolahan menggunakan pupuk organik, akan tetapi kamu harus merogoh kocek lebih dalam karena harga beras merah organik cukup mahal di atas harga beras merah biasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here