Emilyhillwriter.com, Dapur adalah ruangan yang memiliki peranan penting di sebuah rumah. Dapur itu sendiri bisa menjadi tempat segala aktivitas rumah hingga aktivitas pengolahan sampai mempersiapkan makanan bagi seluruh keluarga. Tak heran jika dapur ini harus jadi tempat yang spesial.

Dengan suasana dapur yang menyenangkan dan nyaman, maka pasti para Ibu rumah tangga akan kian semangat dalam memasak. Salah satu cara membuat tampilan dapur menyenangkan adalah dengan menggunakan kitchen set. Harga kitchen set sendiri bervariasi sesuai dengan material pembuatannya.

Ada baiknya sebelum memutuskan untuk membeli kitchen set, maka kamu harus bisa menentukan material pada set dapur ini. Material yang dibutuhkan pun harus dengan material yang kuat serta awet.

Harga Kitchen Set Minimalis
Kitchen Set Minimalis

Dalam memahami materialnya, kamu pun perlu mempertimbangkan dari segi desain. Desain wajiblah bisa mengcover kebutuhan masak untuk orang Indonesia. Berikut ini beberapa material pembuatan kitchen set beserta kisaran harganya:

Multiplek

Pertama adalah bahan multiplek dimana bahan ini adalah dengan jenis kayu olahan terkuat. Bahan dasar yang dipakai adalah dengan kulit kayu yang berlapis dan di press menggunakan tekanan yang tinggi.

Tekstur kayu dan lapisannya amat rapat sehingga bisa menjadikannya lebih kokoh serta memiliki daya tahan kepada air yang amat baik. Lantaran daya tahan ini menjadikan bahan multiplek cocok digunakan untuk material set dapur yang basah.

Harga kitchen set multiplek ini adalah yang termahal diantara bahan lainnya yang mencapai puluhan jutaan rupiah dalam satu set lengkap.

Blockboard

Selanjutnya ada bahan blockboard yang hampir mirip dengan bahan multiplek. Namun untuk lapisan blockboard ini terbuat dari bahan potongan kayu yang secara horizontal tersusun namun jika multiplek disusun dengan cara vertikal di susunannya.

Kelebihannya adalah tahan pada air sehingga memang cocok jadi kitchen set. Harganya memang lebih murah karena tidak sampai puluhan juta rupiah, namun kekuatannya masih di bawah material multiplek.

MDF

MDF merupakan jenis kayu yang dibuat dari serbuk kayu kemudian di press dengan tekanan yang tinggi. Material ini juga banyak dipakai dalam pembuatan furniture. Untuk kelebihannya, harga dari material MDF ini lebih terjangkau dibanding kedua bahan sebelumnya.

Hal ini lantaran permukaannya yang tidak terlalu halus. Meski begitu, MDF tidak cukup tahan dengan air sehingga hanya bisa digunakan untuk dapur kering saja.

HPL

HPL adalah bahan pelapis dengan bentuk lembaran yang dipakai untuk menutup suatu furniture di bagian paling atas ataupun meubel. Dengan adanya bahan HPL ini maka dekorasi ruangan pun dari segi estetika akan lebih baik karena ada coraknya.

Kelebihan dari bahan HPL ini adalah mudahnya untuk diaplikasikan dengan ragam warna dan corak. Harganya bisa dibilang cukup terjangkau.

Pada dasarnya masih banyak lagi material yang umum dipakai dalam pembuatan kitchen set ini. Namun untuk yang paling sering dipakai adalah keempat material tersebut. Ada baiknya jika Kamu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing kitchen set ini serta penggunaannya, apakah ingin dapur kering atau dapur basah.

Harga kitchen set sendiri sebetulnya tidak bisa dipatok begitu saja, namun dipertimbangkan dari ragam segi mulai dari ukuran, desain, pemilihan bahan, ketebalan bahan dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin membeli kitchen set, maka Kamu juga bisa mencarinya di situs belanja online sebagai referensi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here