Emylihillwriter.com, Sering kali kita selalu malas mencuci secara manual apalagi saat hari libur karena lelah sesuai bekerja, ada juga yang tidak punya waktu untuk mencuci karena memerlukan waktu yang lama.

Mesin cuci menjadi pilihan untuk para ibu rumah tangga. Selain itu menggunakan mesin cuci kita tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga dan sudah otomatis tinggal menunggu beres saja.

Namun kita juga sering melewatkan aturan pakai atau seenaknya saja, seperti kapasitas yang tertera di setiap mesin cuci kadang sering kita abaikan karena alasan agar cepat dan tidak perlu mencucinya dua kali. Banyak aturan pakai lainnya yang kita lewatkan, maka dari itu mesin cuci menjadi cepat rusak.

Tapi jangan khawatir kamu bisa mencoba tips agar mesin cuci awet ini agar mesin cuci yang kamu miliki di rumah tetap awet.

  1. Lindungi Panel Control dari air

Panel control atau pusat kontol mesin cuci sering kali rusak terkena air, saat mencuci pakaian kita memang selalu tidak sadar ataupun membiarkannya saja, justru itu hal yang salah. Seperti barang elektronik lainnya jika panel control ini rusak maka mesin cuci tidak bisa dipakai atau harus di perbaiki. Jadi usahakan untuk selalu melindungi panel control dari air. Apalagi jika mesin cuci yang sudah digital panel control harus benar-benar terjaga dari air.

  1. Gunakan sesuai kapasitas
Gunakan Sesuai Kapasitas Mesin Cuci
Gunakan Sesuai Kapasitas

Ini merupakan kesalahan yang selalu di abaikan hampir setiap orang. Mengisi pakaian seenaknya ke dalam mesin cuci padahal setiap mesin cuci memiliki batasan kapasitas yang tersedia mulai dari yang 7kg sampai 10kg tergantung merk dan jenisnya.

Memang repot jika cucian kita banyak tapi malas mencucinya dua kali tetapi perlu diingat bahwa kapasitas yang tersedia sudah tertera. Maka dari itu usahakan mengikuti aturan pakai mesin cuci tersebut, biarlah mencuci dua kali dari pada harus repot mencuci pakaian secara manual dengan mesin cuci kita hanya tinggal menunggu saja.

  1. Cabut mesin cuci saat tidak digunakan

Saat mesin sudah tidak digunakan, cabut mesin dari stop kontak, ini dilakukan agar aliran listrik tidak terus mengalir ke mesin cuci. Mencabut mesin cuci ini juga menghindari risiko korsleting.

  1. Tempatkan mesin cuci di permukaan yang datar
Tempatan Mesin Cuci Dipermukaan yang Datar
Tampatkan Dipermukaan Datar

Yang satu ini juga harus selalu diingat. Menempatkan mesin cuci di tempat yang tidak datar berpotensi merusak mesin cuci dengan cepat karena bisa mengganggu putaran gear box. Inilah yang membuat mesin cuci menjadi berisik saat beroperasi. Jika dibiarkan saja gear box akan cepat rusak dan akhirnya mesin cuci tidak bisa digunakan lagi.

  1. Gunakan Detergen secukupnya
Gunakan Detergen Secukupnya pada Mesin Cuci
Gunakan Detergen Secukupnya

Selain untuk menghemat pengeluaran bulanan kamu, tepat dengan menggunakan detergen secukupnya ini dapat membuat mesin cuci awet dan tahan lama.

Selain itu juga pemilihan detergen juga menjadi pilihan untuk membuat mesin cuci yang ada di rumah menjadi tahan lama. Cobalah yang sudah khusus detergen untuk mesin cuci.

  1. Sesering mungkin membersihkan filter
Sering membersihkan filter

Jika ingin mesin cuci tetap awet dan hasil cucian selalu bersih, maka sering-seringlah membersihkan filter yang ada dalam tabung mesin cuci minimal dua hari sekali. Karena jika tidak dibersihkan kotoran akan menumpuk dan terus menumpuk hingga akhirnya mesin cuci akan cepat rusak.

  1. Membiasakan untuk setting mesin cuci sesuai dengan pakaian
Membiasakan untuk setting mesin cuci sesuai dengan pakaian
Membiasakan untuk setting mesin cuci

Setiap pakaian yang akan kita cuci memiliki bahan yang berbeda dengan setting yang berbeda pula, biasakan untuk memilih baju sesuai dengan setting jangan di satukan dalam satu kali cuci, karena bisa membuat mesin cuci cepat rusak.

Seperti pakaian bayi, celana jeans dewasa. Mulailah dengan timer, suhu, dan penyesuaian takaran deterjen. Agar mesin cuci tetap tahan lama.

  1. Biasakan menutup pintu mesin cuci

Banyak orang melewatkan hal sepele ini, entah karena kebiasaan ataupun lupa. Tidak menutup mesin cuci memungkinkan untuk kecoa atau tikus masuk ke dalam mesin cuci dan merusaknya. Maka dari itu perhatikan hal sepel seperti ini.

  1. Cek pakaian kotor di dalam saku-sakunya

Banyak yang selalu menyimpan barang di dalam saku celana atau saku lainnya yang terdapat pada pakaian seperti peniti, tissue dan masih banyak barang lainnya. Maka dari itu sebelum mencuci pakaian cobalah untuk mengecek satu-satu agar tidak ada barang yang tertinggal dalam saku pakaian. Barang yang tertinggal dalam saku ini akan   menghambat kinerja dari mesin cuci.

  1. Jangan memasukkan terlebih dahulu pakaian dalam mesin cuci

Sering kali kita selalu memasukkan pakaian dalam mesin cuci sebelum akan mencucinya terlebih lagi pakaian yang basah. Pakaian yang basah ini justru akan membuat tumbuhnya jamur yang kemudian akan membuat pakaian dan mesin menjadi bau tidak sedap kemudian akan menghambat pula dari kinerja mesin cuci. Usahakan untuk menyimpan pakaian kotor dalam wadah atau tempat khusus pakaian kotor.

Bagaimana sudah paham bukan mengenai tips agar mesin cuci awet tersebut, jagalah mesin cuci untuk hasil yang maksimal dan bertahan lama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here