Emilyhillwriter.com, Kulkas memang menjadi kebutuhan di setiap rumah, berfungsi untuk menyimpan makanan agar tidak cepat busuk. Memang kegunaan inilah yang membuat kulkas harus ada dalam setiap rumah.

Dari waktu ke waktu kulkas mengalami perubahan dari segi desain dan memiliki beberapa ruangan serta memiliki ukuran tertentu pula sesuai dengan kebutuhan. Kulkas ini terdiri dari dua jenis ada kulkas 1 pintu dan 2 pintu dengan berbeda-beda keunggulan tetapi fungsinya tetaplah sama hanya saja ruangan dalam berbeda sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Kulkas merupakan bagian dari peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk mengawetkan bahan makanan dan membekukan cairan selain itu lemari pendingin dapat juga dipakai di pasar swalayan, farmasi, rumah sakit, apotek, pabrik susu, mentega, fotografi, industri sutra, kedokteran dengan fungsi dan guna yang berbeda-beda.

Perkembangan Kulkas 1 Pintu dari Zaman Dulu
Perkembangan Kulkas 1 Pintu

Tetapi tahukah kamu bagaimana awal mula dan perkembangan dari kulkas 1 pintu ini. Sudah sejak lama sekali manusia berpikir untuk dapat membuat dan menciptakan bahan makanannya menjadi awet, berbagai cara tersebut dilakukan untuk memenuhinya seperti:

Pengasapan

Cara ini dilakukan dengan menyimpan bahan makanan di dalam suatu tempat tertutup untuk kemudian akan dihembuskan asap ke yang ada di dalamnya.

Pengasinan

Makanan yang akan diawetkan akan direndam di dalam air garam dan dikeringkan/dijemur di bawah sinar matahari.

Pengeringan

Cara ini dilakukan dengan mengurangi kadar air yang terkandung di dalam bahan makanan tersebut sampai dengan batas maksimal.

Namun semua cara-cara seperti di atas masih terdapat banyak kekurangannya yaitu: berubahnya rasa, berubahnya tekstur makanan, dan menghilangnya  bau/aroma asli. sehingga membuat bahan makanan menjadi tidak segar bahkan cepat rusak lagi.

Suatu saat orang mengetahui bahwa suhu yang dingin dapat membuat bahan makanan menjadi lebih tahan lama, maka dari situlah muncul ide-ide  untuk membuat tempat mendinginkan makanan.

Yaitu  di antara cara-cara yang telah dilakukan manusia adalah: membuat bangunan untuk bahan makanan yang di luarnya dikelilingi oleh salju alami atau membuat gudang makanan yang terletak di dalam tanah dengan maksud di dalam ruang bawah tanah tersebut akan terjadi suhu yang menjadi dingin secara alami.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka ditemukanlah listrik yang membuat revolusi industri secara besar-besaran di dunia termasuk pembuatan tempat mendinginkan bahan makanan menggunakan tenaga listrik.

Sebelum menemukan kulkas, icehouses digunakan untuk menyimpan dingin untuk sebagian tahun. Ditempatkan di dekat danau air tawar atau dikemas dengan salju dan es selama musim dingin untuk menghasilkan pendingin.  Berarti alam masih digunakan untuk mendinginkan makanan pada saat itu.

Pada pegunungan limpasan dari pencairan salju adalah cara yang aman dan nyaman untuk mendinginkan minuman, dan selama musim dingin pula dapat menyimpan susu segar lebih lama hanya dengan menyimpannya di luar ruangan.

Sekitar abad ke-11, para fisikawan Persia dan kimiawan Ibnu Sina (Avicenna) menemukan pendingin , yang terkondensasi oleh aromatik uap.

Ini merupakan sebuah terobosan dalam penyulingan teknologi dan memanfaatkan itu dalam bukunya distilasi uap proses, yang memerlukan sebuah tabung berpendingin untuk menghasilkan minyak esensial .

Pendingin buatan tangan pertama yang diketahui telah ditunjukkan oleh William Cullen di Universitas Glasgow pada 1748.

Antara 1805 ketika Oliver Evans merancang mesin pendingin pertama ini yang menggunakan uap sebagai pengganti cairan. Pendingin akhirnya menjadi kenyataan pada tahun 1834 dengan penemuan sistem pendingin kompresi oleh penemu Amerika Jacob Perkins .

Pada tahun 1850 atau 1851, Dr John Gorrie menunjukkan pembuatan sebuah es. Dari penemuan yang sederhana mengenai pengawetan makanan dengan pendinginan/freezer maka ditemukanlah suatu alat pendingin oleh beberapa ahli teknik terbaik dalam hal penemuan lemari es ini dibuat oleh William Cullen di Universitas Glasgow pada tahun 1748.

Namun ia tidak menggunakan penemuannya untuk tujuan praktis, kemudian karyanya tersebut disempurnakan lagi oleh ahli-ahli yang lain pada waktu ke waktu selanjutnya.

William Cullen menemukan kulkas tersebut karena ia tahu benar bahwa bahan makanan pendingin mengurangi pertumbuhan bakteri karena Bakteri tersebut  dapat bertahan hidup di lingkungan yang dingin.

William Cullen merupakan seorang dokter Amerika yang mengembangkan kulkas pada tahun 1748 setelah ia melakukan penelitian menyeluruh pada bakteri dan menemukan bahwa bakteri memiliki kelemahan dengan suhu dingin.

Pada tahun 1845 di daerah Orleans, Lusiana ditemukanlah mesin pendingin ruangan pertama yang dapat beroperasi dengan waktu yang cukup lama penemuan tersebut akhirnya di uji coba kan pada sebuah kapal pengangkut daging yang akan berangkat dari Australia ke Inggris dan hasil dari uji coba itu sangat memuaskan.

Kulkas pertama memang dengan satu pintu saja berbeda dengan sekarang yang sudah memiliki 2 pintu dengan berbagi desain yang elegan dan menarik. Dengan semakin berkembangnya zaman kamu dapat dengan mudah memilih ukuran serta desain kulkas yang diinginkan dengan beragam keunggulan yang di tawarkan masing-masing.

Kulkas 1 pintu memang memiliki keunggulan yaitu hemat listrik juga hemat tempat karena ukurannya tetapi fungsinya sama seperti dari zaman dahulu yaitu mengawetkan makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here