Emilyhillwriter.com, Mendekati lebaran biasanya sudah mulai sibuk menyiapkan semua kebutuhan termasuk persiapan kue kering, nastar keju misalnya? Nah, kalau ingin membuat sendiri tentu perlu menyiapkan segala kebutuhan bahannya sedari sekarang.

Sebab memang ada beberapa tahapan agar nastar homemade ini nantinya bisa terlihat maksimal, selain cantik juga enak. Berbeda jika berniat membeli nastar di pasaran, baik yang dijajakan di situs belanja online maupun offline.

Tentunya persiapan yang dilakukan cukup hanya menyediakan dana, memilih tempat belanja, dan menentukan hari berbelanja. Biasanya semakin mepet dengan hari H yakni lebaran tadi maka harga nastar akan mengalami kenaikan.

Rupanya banyak ibu sudah hafal dengan siklus ini sehingga sengaja belanja kue kering sejak minggu pertama bulan Ramadhan. Namun pastikan sudah paham bagaimana menyimpan nastar-nastar tersebut sehingga ketika dihidangkan di hari raya tetap enak dan renyah.

Selama ini, nastar mengandalkan selai nanas sebagai isian namun sesekali Kamu boleh bereksperimen dengan bahan isian lain. Misalnya saja memakai keju sehingga menjadi nastar keju, yang tentu akan menjadi alternatif yang unik selain membentuk nastar menjadi aneh-aneh.

Kalau sudah terbiasa membuat kue kering tentu tidak masalah, namun berbeda buat Kamu yang termasuk ke dalam kelas pemula. Pastikan untuk memilih resep nastar yang baik dan dibaca atau dipahami dengan baik pula.

Hindari Kesalahan dalam Membuat Nastar

Supaya nastar yang akan disajikan saat lebaran nantinya berkualitas tentu Kamu harus paham tata cara pembuatannya. Disamping itu juga musti menghindari beberapa kesalahan umum di bawah ini:

  1. Memakai isian siap pakai
Selai Siap Pakai
Selai Nanas

Nastar selalu memiliki isian dan berupa selai, paling umum adalah selai nanas namun bisa diganti selai lainnya. Kesalahan orang biasanya berpikir praktis membeli selai siap pakai di pasaran padahal bisa merusak tekstur dan rasa nastar yang dibuat.

Pasalnya selai dalam kemasan umumnya lebih cair dan terlalu manis, baiknya membuat selai sendiri saja demi menjaga kualitas.

  1. Memakai mentega yang terlalu standar
Mentega Standar
Mentega Yang Standar

Setiap kali membuat kue kering maupun basah pastikan memakai bahan yang berkualitas baik agar hasilnya optimal. Salah satunya adalah mentega yang dalam pembuatan nastar memiliki peran penting.

Selain dicampur ke dalam adonan nantinya juga dijadikan bahan olesan, kesalahan orang biasanya memakai mentega yang biasa. Padahal kalau mau membeli yang agak mahal sedikit sudah menghasilkan nastar bermutu tinggi.

  1. Tidak memakai gula halus
Gunakan Gula Halus
Gula Halus

Seringnya pembuat nastar memilih gula pasir saat membuat adonan kue nastar, padahal kalau mau lebih legit dan cepat selesai. Dianjurkan untuk memakai gula halus, kenapa? Sebab gula halus cenderung mudah larut ketika diaduk bersama dengan telur maupun bahan lainnya.

Gula halus pun lebih mudah tercampur rata atau menyatu dengan bahan adonan lainnya. Hanya saja tidak sedikit yang malas belanja gula halus karena merasa sudah ada gula pasir.

  1. Kulit adonan terlalu tipis
Adonan Terlalu Tipis
Adonan Kue Terlalu Tipis

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan pembuat kue nastar adalah kurang teliti menentukan tebal tipisnya adonan ketika dibuat bulatan. Idealnya cukup tebal dan tidak terlalu tipis, sebab ketika adonan terlalu tipis nantinya malah membuat isinya keluar atau retak.

Tampilannya menjadi tidak cantik sama sekali, sebaliknya kadang beberapa orang juga sengaja menambahkan selai terlalu banyak. Tujuannya supaya nastar lebih legit padahal bisa menyebabkan keretakan saat matang. Baiknya isian nastar keju yang dibuat memang sudah pas, untuk hasil sempurna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here