Emilyhillwriter.com, Resep opor ayam memang menjadi salah satu sajian yang akrab bagi orang Indonesia. Terutama pada hari lebaran atau perayaan idul fitri di Indonesia. Lantas bagaimana dengan perayaan umat muslim lainnya seperti iduladha? Sate dan olahan sop daging barangkali yang pertama kali melintas di kepala.

Akan tetapi, tidak ada salahnya menyajikan opor ayam lezat dan ketupat sambal menunggu sate kambing dan sapi diletakkan ke tungku pembakaran. Masakan ini juga bisa dibuat sebagai pelengkap dalam momen bersilaturahmi kepada tetangga dan kerabat lainnya.

Sajian Opor Ayam
Resep Opor Ayam

Makanan satu ini punya cita rasa lezat dan gurih karena bumbu-bumbu dan olahan santannya. Pengunaan dan pengolahan ayam yang tepat juga menentukan.

Biasanya beberapa orang barangkali lupa apa saja yang harus dipersiapkan ketika hendak memasak opor ayam. Hal ini terjadi karena untuk memasak opor ayam memang menggunakan beragam rempah-rempah.

Meski menggunakan beragam rempah, cara memasknya cukup mudah dan sederhana.

Resep Opor Ayam Enak
Resep Opor Ayam Enak

Berikut resep opor ayam lezat yang bisa digunakan untuk hari raya tertentu atau hari-hari biasa:

Bahan:
1 ekor ayam, potong-potong secukupnya.
1 liter santan dari 1 butir kelapa
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
1 ruas laos, tumbuk
1/2 jahe, tumbuk
2 batang serai, tumbuk
Minyak goreng untuk menumis secukupnya
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya

Bumbu halus:
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt lada
5 butir kemiri
2 cm kunyit
3 ruas jari kunyit
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh jintan
3 butir kemiri

Taburan:
Bawang goreng

Cara membuat:

  1. Siapkan penggorengan, beri sedikit minyak goreng lalu panaskan dan tumis bumbu halus sampai harum. Jika sudah wangi masukkan bumbu lain seperti serai, daun salam, dan jahe. Beri juga sedikit air.
  2. Masukkan ayam, aduk sebentar agar bumbu meresap dengan ayam. Beri air sedikit lagi jika sudah kering. Biarkan hingga ayam berubah warna.
  3. Tuangkan santan dan aduk aduk sampai penggorengan kembali mendidih agar santan tidak pecah. Beri air kembali jika air sudah meresap.
  4. Tunggu hingga ayam matang dan terasa empuk. Beri bumbu garam dan gula. Tes rasanya. Jika sudah pas dengan yang diinginkan matikan api.
  5. Taburkan bawang goreng sebagai penghias. Opor Ayam sudah siap disajikan.

Bagaimana, tertarik mencobanya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here